Kamis, 17 Maret 2016

#PetGame 3D Engine untuk Game

3D Engine


Kalau soal ngomongin 3D Engine apa yang mudah buat game ? tentu semuanya gak ada yang mudah, lalu gimana kalau 3D Engine yang gratis ? nah kalau itu banyak,tapi jangan senang dulu, udah pasti ada perbedaan antara yang berbayar dengan yang gratis, misalnya ada beberapa Developer 3D Engine yang menyediakan satu 3D Engine dengan 2 versi, yaitu versi yang gratis dengan yang berbayar, keduanya adalah 3D Engine yang sama, namun yang membedakannya adalah fitur didalamnya. Jadi memilih 3D Engine yang nyaman ataupun sesuai dengan kantong anda, itu tergantung dengan kebutuhan anda.

Sesuai dengan judul postingan, kali ini saya akan memberi informasi tentang 6 3D Engine untuk membuat game,  mulai dari yang berbayar hingga yang gratis tis tis.. oke langsung saja cekidot...




Shiva 3D (Licence/Berbayar)

Gambar Logo ShiVa

Shiva3D adalah 3D Game Engine yang dirancang untuk web, konsol dan game mobile dan aplikasi. Engine dapat berjalan di OpenGL, DirecX dan mode software. Beberapa fitur termasuk Nvidia PhysX, titik bayangan cahaya, per - vertex per - pixel dan lightmapping. Shiva3D memiliki edisi web gratis dari mesin, dengan kemampuan untuk mempublikasikan game online.

CryEngine 3 (Licence/Berbayar)

Gambar Logo CryEngine 3 

Nah yang satu ini banyak digunain dalam game seperti Crysis 2, Crysis 3, dan Sniper : Ghost Warrior 2. Sama seperti Unreal Engine 3, CryEngine 3 adalah toolset yang lengkap untuk pengembangan game. CryEngine 3 telah digunakan sebagai patokan untuk grafis visual untuk beberapa waktu dan itu terus mendorong batas apa game yang mampu. Salah satu fitur CryEngine adalah kemampuannya untuk menghasilkan besar yang indah, pemandangan yang sangat rinci. CryEngine 3 SDK sekarang di Steam membutuhkan layanan berlangganan bulanan. Kita juga dapat memilih lisensi penuh tetapi untuk pengembang game independen.

TORQUE3D (Licence/Berbayar)

Gambar Logo Torque3D

Awalnya Torque dikembangkan tahun 2001 untuk game bergenre FPS shooter, Torque adalah sebuah game engine open source dan telah menjadi dev favorit independen untuk beberapa waktu. Beberapa fitur Fitur :

Bhs. Programming:C++
Scripting: Torque Script
No Cross Platform
No SDL
3D Oriented
Platform: Windows,Linux,OS X
Lisensi MIT
Game yang pernah dibuat: Tribes 2

Unity 3D (Gratis)

Gambar Logo Unity 3D


Game engine ini banyak dipakai oleh indie gamedev maupun profesional. Kemampuan multi platform dan costumisasinya membuat game engine ini banyak dipakai, dan jangan lupa buku, dokumentasi, dan komunitas yang memadai membuat kita lebih mudah mempelajari game engine ini.

Bahasa pemrograman yang dipakai; C# dan Javascript.

Untuk mencobanya anda bisa download disini pilih yang versi Free. yang versi licence/berbayar nanti-nanti aja kalau anda udah punya pendapatan USD 100.000 (gak ada perbedaan yang signifikan antara versi Free dengan Versi Pro untuk gamedev, perbedaan hanya di service dan sesuai Agreement, yang free hanya untuk studio berpendapatan dibawah USD 100.000).

Blender Game Engine (Free)

Gambar Logo Blender

Blender merupakan salah satu program “Modeling 3D dan Animation”, tapi Blender mempunyai kelebihan sendiri dibandingkan program modeling 3D lainnya. Kelebihan yang dimiliki Blender adalah dapat membuat game tanpa menggunakan program tambahan lainnya, Karena Blender sudah memiliki “Engine Game” sendiri dan menggunakan “Python” sebagai bahasa pemograman yang lebih mudah ketimbang menggunakan C++,C, dll. Blender menggunakan “OpenGL” sebagai render grafiknya yang dapat digunakan pada berbagai macam “OS” seperti Windows, Linux dan Mac OS X.

Blender Game Engine juga telah menyediakan game logic yang dapat dimanfaatkan dalam pembuatan aplikasi interaktif dengan tidak perlu menuliskan baris kode pemrogaman, namun hanya memerlukan pemahaman logika.

Unreal Engine 4 (Free)

Gambar Logo Unreal Engine 4

Kalau anda butuh prototyping game dengan cepat, grafik current gen (grafik tipe-tipe studio besar) cobalah game engine satu ini. Full source code udah included via Git Hub dan ada Blueprint visual scripting yang bikin pemrograman bisa lebih cepat dan mudah (Bayangkan Scratch versi Profesional) dan mendukung C++ ke enginenya sendiri, jadi agan bisa modifikasi engine ini sesuai kebutuhan karena bisa langsung ubah source code nya (via github) bedakan dengan Unity yg menggunakan C++ untuk enginenya dan C# atau Javascript untuk coding game nya dan kita gak punya akses ke game engine nya.

Bahasa pemrograman yang dipakai; C++ dan Bluprint Visual Scripting. Jika berminat bisa donwnload disini (Untuk versi Free tinggal didownload dan kalau gamenya sudah kejual baru dipotong royalti).

Referensi :
resep donat empuk ala dunkin donut resep kue cubit coklat enak dan sederhana resep donat kentang empuk lembut dan enak resep es krim goreng coklat kriuk mudah dan sederhana resep es krim coklat lembut resep bolu karamel panggang sarang semut

1 komentar: