Senin, 31 Oktober 2016

Perekrutan SDM dan Tanggung Jawab sosial perusahaan

        Pada pembahasan kali ini saya akan menjelaskan salah satu perusahaan besar di Indonesia yang sudah tidak asing lagi di dengar yaitu PT Grab Indonesia. Pasti bagi kalian yang ingin bepergian dengan menggunakan kendaraan umum sudah pasti kenal dengan salah satu perusahaan yang menyediakan jasa Transportasi Online ini. 


        Dalam pembahasan kali ini kita akan menganalisis web dari Grab tersebut yang mempunyai alamat https://www.grab.com/id/, dengan bahasan bagaimana cara perekrutan dalam perusahaan tersebut dan bagaimana tanggung jawab web tersebut kepada user. sebelumnya mari kita ulas sedikit tentang profil dan sejarah singkat dari Grab.       
        Grab (sebelumnya dikenal sebagai GrabTaxi) adalah sebuah perusahaan asal Singapura yang melayani aplikasi penyedia transportasi dan tersedia di enam negara di Asia Tenggara, yakni Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam, Indonesia, dan Filipina. Grab memiliki visi untuk merevolusi industri pertaksian di Asia Tenggara, sehingga dapat memberikan keamanan dan kenyamanan bagi pengguna kendaraan seantero Asia Tenggara. Hingga bulan Maret 2015, jumlah pengguna Grab mencapai 3,8 juta pengguna. Grab tersedia untuk sistem operasi Android, iOS, dan BlackBerry. Di Indonesia, Grab melayani pemesanan kendaraan seperti ojek, mobil, dan taksi. Saat ini Grab tersedia di seluruh Jakarta dan sekitarnya. Grab didirikan di Singapura pada tahun 2012 oleh penggila tekhnologi yaitu Tan Hooi Ling dan Anthony Tan, sedangkan Grab masuk ke Indonesia pada Bulan Juni 2014. alamat kantor pusat Grab Indonesia ada di Jl. Cikini 2 No.8, Cikini, Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10330, Indonesia.
         Selanjutnya kita akan membahas bagaimana cara perekrutan tenaga kerja untuk menjadi mitra dalam perusahaan Grab ini, dalam melakukan perekrutan tenaga kerja Grab memberikan kemudahan kepada para calon mitra grab untuk mendaftar. jika tidak ingin datang ke tempat pendaftaran maka grab menyediakan layanan Online bagi masyarakat yang ingin mencoba peruntungannya di grab dengan membuka situs-nya yaitu https://www.grab.com/id/. berikut tampilan Home dari web Grab Indonesia :

Halaman utama Grab Indonesia

        dari halaman tersebut kita bisa melihat beberapa layanan yang diberikan oleh Grab sendiri, lalu terdapat menu drop down untuk mendaftar sebagai driver di grab. untuk contoh kita akan coba memilih menu Bike & Express Driver, seperti berikut tampilan halamannya :

Halaman pendaftaran Grab

        Terdapat Juga Syarat-syarat dan ketentuan yang berlaku untuk menjadi Driver di perusahaan Grab ini, namun untuk Test yang akan dilakukan untuk menjadi driver Grab tidak tercantum pada web ini. Informasi tersebut akan diberitahu apabila calon driver sudah mendaftar.

Syarat dan Ketentuan

        Seperti itulah gambaran untuk perekrutan tenaga kerja di Grab, jadi dengan adanya web ini bisa memudahkan masyarakat untuk mendapatkan lowongan pekerjaan yang layak. 
        Selanjutnya saya akan membahas mengenai Tanggung jawab sosial perusahaan, bagaimana cara perusahaan untuk melakukan tanggung jawab besar terhadap masyarakat dan lingkungan sekitar. Jadi, sebuah perusahaan tidak hanya mencari Laba dalam dunia bisnis namun perusahaan juga harus memperhatikan keinginan masyarakat sekitar. Contoh-contoh tanggung jawab yang diemban oleh Grab sebagai berikut :
  • Pelatihan Keselamatan Berkendara
Jadi Perusahaan Grab selalu bertanggung jawab kepada seluruh Mitra dan penumpangnya dimanapun berada. Untuk itu sebelum driver mulai berkendara maka diadakan pelatihan keselamatan berkendara karena Grab menempatkan keamanan mitra dan penumpang sebagai prioritas utama yang dibuktikan dengan besarnya investasi perusahaan dalam bekerja sama dengan penyedia jasa pelatihan terbaik dalam meningkatkan keterampilan berkendara.
Grab bersama penyedia jasa Pelatihan berkendara

  • Kebijakan Barang Hilang
Tak jarang ketika berkendara dan sudah sampai tujuan orang-orang meninggalkan barang penting di kendaraannya sendiri, begitu juga dengan penumpang yang menggunakan jasa transportasi Online ini. Maka dari itu perusahaan Grab membuat sebuah kebijakan untuk memudahkan mitra dan penumpang agar tidak terjadi miss communication dalam pengambilan barang yang tertinggal.

Kebijakan barang tertinggal

  • Pengajuan Claim saat Kecelakaan
kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di jalan dan jauh dari rumah, yang paling sering terjadi ketika di jalan adalah kecelakaan entah itu kecelakaan kecil atau besar. maka dari itu Grab menyediakan cara-cara untuk Claim ke kantor saat terjadi kecelakaan pada driver dan penumpang. 

Tata cara pengajuan Claim

       Sebenarnya masih banyak lagi tanggung jawab sosial yang diemban oleh perusahaan besar ini, namun saya tidak bisa membahas semuanya karena keterbatasan waktu. Untuk itu sekian tentang postingan Perekrutan SDM dan Tanggung jawab sosial ini, semoga postingan ini bermanfaat bagi kita semua.

Nama : Aji Prasetyo
NPM  : 50413533
Kelas  : 4IA22
Nama Mata Kuliah : Pengantar Bisnis Informatika
Nama Dosen : Rina Noviana

Sumber :
https://www.grab.com/id/
https://id.wikipedia.org/wiki/Grab_(aplikasi)
resep donat empuk ala dunkin donut resep kue cubit coklat enak dan sederhana resep donat kentang empuk lembut dan enak resep es krim goreng coklat kriuk mudah dan sederhana resep es krim coklat lembut resep bolu karamel panggang sarang semut

2 komentar: