Kamis, 29 Mei 2014

Tinjauan Umum pandangan dunia tekhnologi komunikasi didalam kehidupan budaya Indonesia

Pada zaman sekarang ini, kebudayaan di Indonesia sudah sangat ditinggalkan oleh masyarakat karena adanya Tekhnologi komunikasi yang sudah sangat berkembang pesat di Indonesia. Kehadiran Tekhnologi Komunikasi membawa pengaruh yang sangat besar terhadap bangsa Indonesia, pengaruh ini dapat menjalar ke seluruh bidang seperti politik, ekonomi, Budaya, Sosial, bahkan bidang Keagamaan.Tekhnologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dapat berdampak positif dan negatif terhadap kebudayaan Indonesia, karena dari tekhnologi tersebut dapat membentuk dan mempengaruhi perilaku-perilaku yang ada pada masyarakat sekitar.

Permisalan untuk yang paling mudah yang paling sering kita lihat sehari-hari, ketika waktunya kita berkumpul entah itu dengan keluarga, teman dan kerabat dekat saat tekhnologi sudah mendunia dan masuk ke Indonesia, orang-orang jadi Sibuk atau bahkan Asyik sendiri dengan gadget gadget yang mereka punya sehingga komunikasi antara satu dan yang lain menjadi berkurang. Berbeda dengan kebudayaan kita pada zaman dahulu sebelum adanya Gadget gadget bagus, orang-orang bisa dengan mudahnya berkumpul dan berkomunikasi antara satu dengan yang lain. Pada zaman sekarang ini pula dengan adanya tekhnologi seperti TV kabel jadi orang-orang sudah bisa menonton film-film terbaru yang belum keluar bahkan yang sudah ada di Indonesia, berbeda dengan zaman dahulu yang hanya menggunakan Layar Tancap yang biasanya pula diisi dengan film-film yang sudah lama sekali. Yang disayangkan dengan adanya tekhnologi komunikasi ini adalah kebiasaan menyendiri yang dimiliki oleh seseorang jika sudah asyik dengan gadgetnya sendiri, sehingga orang tersebut jadi berkurang interaksinya dengan yang lain dan hanyak sibuk sendiri. Tetapi ada juga dampak positif dari tekhnologi komunikasi ini, misalkan pada pengiriman surat-menyurat pada zaman dahulu orang-orang akan menggunakan kurir untuk mengantarkan surat-suratnya sampai ketujuan, tapi lihatlah pada zaman sekarang dimana tekhnologinya sudah berkembang sangat pesat, orang-orang hanya perlu mengirim suratnya melalui internet dengan mengirimkan e-mail atau surat elektronik atau orang-orang sudah bisa bertatap muka melalui sosial media yang sudah ada. Jadi intinya kita semua sebagai warga negara Indonesia yang sangat mencintai kebudayaan Indonesia harus bisa mengimbangi perkembangan zaman agar kita semua tidak GAPTEK ataupun ketinggalan zaman.
resep donat empuk ala dunkin donut resep kue cubit coklat enak dan sederhana resep donat kentang empuk lembut dan enak resep es krim goreng coklat kriuk mudah dan sederhana resep es krim coklat lembut resep bolu karamel panggang sarang semut

1 komentar: