Selasa, 28 Maret 2017

Analisis Website dengan Komputasi Modern


Nama :  Aji Prasetyo
Kelas : 4IA22
NPM : 50413533
Dosen : Rina Noviana


Pengertian Komputasi Modern


Komputasi modern adalah sebuah konsep sistem yang menerima intruksi-intruksi dan menyimpannya dalam sebuah memory, memory disini bisa juga dari memory komputer. Oleh karena pada saat ini kita melakukan komputasi menggunakan komputer maka bisa dibilang komputer merupakan sebuah komputasi modern. Konsep ini pertama kali digagasi oleh John Von Neumann (1903-1957). Beliau adalah ilmuan yang meletakkan dasar-dasar komputer modern. Von Neumann telah menjadi ilmuwan besar abad 21. Von Neumann memberikan berbagai sumbangsih dalam bidang matematika, teori kuantum, game theory, fisika nuklir, dan ilmu komputer yang di salurkan melalui karya-karyanya . Beliau juga merupakan salah satu ilmuwan yang terkait dalam pembuatan bom atom di Los Alamos pada Perang Dunia II lalu. Kegeniusannya dalam matematika telah terlihat semenjak kecil dengan mampu melakukan pembagian bilangan delapan digit (angka) di dalam kepalanya.

Dalam kerjanya komputasi modern menghitung dan mencari solusi dari masalah yang ada, dan perhitungan yang dilakukan itu meliputi:

1. Akurasi (big, Floating point)
2. Kecepatan (dalam satuan Hz)
3. Problem Volume Besar (Down Sizzing atau pararel)
4. Modeling (NN & GA)
5. Kompleksitas (Menggunakan Teori big O)

Jenis-Jenis Komputasi Modern

Komputasi modern terbagi tiga macam, yaitu komputasi mobile (bergerak), komputasi grid, dan komputasi cloud (awan). Penjelasan lebih lanjut dari jenis-jenis komputasi modern sebagai berikut :

Mobile Computing

Mobile computing atau komputasi bergerak memiliki beberapa penjelasan, salah satunya komputasi bergerak merupakan kemajuan teknologi komputer sehingga dapat berkomunikasi menggunakan jaringan tanpa menggunakan kabel dan mudah dibawa atau berpindah tempat, tetapi berbeda dengan komputasi nirkabel. Contoh dari perangkat komputasi bergerak seperti GPS, juga tipe dari komputasi bergerak seperti smart phone, dan lain sebagainya.

Grid Computing

Komputasi grid menggunakan komputer yang terpisah oleh geografis, didistribusikan dan terhubung oleh jaringan untuk menyelasaikan masalah komputasi skala besar.

Cloud Computing

Komputasi cloud merupakan gaya komputasi yang terukur dinamis dan sumber daya virtual yang sering menyediakan layanan melalui internet. Komputasi cloud menggambarkan pelengkap baru, konsumsi dan layanan IT berbasis model dalam internet, dan biasanya melibatkan ketentuan dari keterukuran dinamis dan sumber daya virtual yang sering menyediakan layanan melalui internet.

Analisis Tentang Website www.traveloka.com

Traveloka adalah perusahaan yang menyediakan layanan pemesanan tiket pesawat dan hotel secara daring dengan fokus perjalanan domestik di Indonesia. Traveloka memiliki basis operasional di Jakarta.



Pada tampilan awal situs traveloka.com ini kita bisa melihat terdapat menu untuk memesan tiket pesawat, tiket hotel, tiket kereta api dan juga kita bisa membeli pulsa di situs tersebut. Ada juga menu bantuan untuk cara memesan tiket serta menu login dan daftar.



Tampilan diatas adalah tampilan bantuan untuk pengguna situs traveloka.com, disini kita bisa mengetahui cara yang benar untuk memesan tiket dengan ketentuan yang sudah berlaku di situs tersebut. Selain itu kita juga dapat melakukan komplain kepada traveloka jika terjadi kesalahan dengan tata cara yang sudah diatur pada situs itu.



2 gambar diatas merupakan menu login dan menu register pada situs traveloka.com, pada menu login kita bisa melihat bahwa kita tidak perlu repot-repot untuk register terlebih dahulu karena sudah disediakan login dengan akun facebook dan login dengan akun google sehingga informasi tentang kita akan diambil dari salah satu akun tersebut. Tetapi apabila kalian ingin mencoba mendaftarkan diri maka kita harus mendaftarkan nomor telepon yang kita punya.


Untuk gambar diatas ini adalah contoh pemesanan tiket pesawat dalam situs traveloka.com, pertama kita memilih tujuan destinasi dan titik awal kita akan berangkat, jika sudah kita lalu memilih tanggal kita akan berangkat, dan berapa penumpang yang akan berangkat serta kelas apa yang diinginkan di pesawat tersebut.



Setelah itu maka kita akan menuju ke halaman daftar pesawat apa saja yang bisa di booking tiketnya beserta dicantumkan harga yang jelas sehingga kita tidak akan bingung untuk memilih pesawat mana yang menjadi pilihan yang terbaik.

Kesimpulan

Pada website Traveloka sudah termasuk ke dalam penerapan komputasi modern terdapat pada layanan pemesanan online. User/customer dapat tiket pesawat atau hotel secara virtual/online tanpa harus datang langsung ke maskapai atau hotel untuk booking tempat. Sistem layanan pada website perusahaan ini telah mengandung unsur-unsur yang merupakan penerapan dari komputasi modern. 

Proses pada layanan dikerjakan atau dilakukan oleh tenaga Komputer. Kelebihan yang ada pada website ini adalah dapat diakses atau digunakan dimana saja selama terhubung dengan jaringan internet dan juga interface pada website ini sangat menarik dan bagus, terbukti dengan merasa mudahnya user menggunakanya. Untuk kekurangan pada website ini mungkin hampir tidak ada kekurangan yang berarti.

Dengan demikian, adanya penerapan teknik komputasi modern pada website "Traveloka" sangat membantu pelanggan sehingga dapat memesan tiket pesawat dan atau hotel secara cepat dan efisien.

Referensi : 
https://faris6593.blogspot.co.id/2015/04/softskill-pengertian-komputasi-modern-dan-jenisnya.html?m=1
www.wikipedia.org
www.traveloka.com


resep donat empuk ala dunkin donut resep kue cubit coklat enak dan sederhana resep donat kentang empuk lembut dan enak resep es krim goreng coklat kriuk mudah dan sederhana resep es krim coklat lembut resep bolu karamel panggang sarang semut

1 komentar: