Minggu, 16 November 2014

Analisis Tentang Situs Bank Indonesia



Kita akan menganalisis tentang Situs Pemerintahan yaitu Bank Indonesia dengan alamat situs www.bi.go.id. Gambar diatas adalah halaman Utama dari Situs Bank Indonesia.

        Bank Indonesia (BI, dulu disebut De Javasche Bank) adalah bank sentral Republik Indonesia. Sebagai bank sentral, BI mempunyai satu tujuan tunggal, yaitu mencapai dan memelihara kestabilan nilai rupiah. Kestabilan nilai rupiah ini mengandung dua aspek, yaitu kestabilan nilai mata uang terhadap barang dan jasa, serta kestabilan terhadap mata uang negara lain.
      Untuk mencapai tujuan tersebut BI didukung oleh tiga pilar yang merupakan tiga bidang tugasnya. Ketiga bidang tugas ini adalah menetapkan dan melaksanakan kebijakan moneter, mengatur dan menjaga kelancaran sistem pembayaran, serta mengatur dan mengawasi perbankan di Indonesia. Ketiganya perlu diintegrasi agar tujuan mencapai dan memelihara kestabilan nilai rupiah dapat dicapai secara efektif dan efisien. Setelah tugas mengatur dan mengawasi perbankan dialihkan kepada Otoritas Jasa Keuangan, tugas BI dalam mengatur dan mengawasi perbankan tetap berlaku, namun difokuskan pada aspek makroprudensial sistem perbankan secara makro.
      BI juga menjadi satu-satunya lembaga yang memiliki hak untuk mengedarkan uang di Indonesia. Dalam melaksanakan tugas dan wewenangnya BI dipimpin oleh Dewan Gubernur. Sejak 2013, Agus Martowardojo menjabat sebagai Gubernur BI menggantikan Darmin Nasution.





        Penjelasan tentang Apa-apa saja yang ada di Situs Bank Indonesia :
ada beberapa Tab pada situs pemerintahan Bank Indonesia, yang pertama ada Tab 'Tentang BI' >>>
 
Pada tab ini banyak sekali dijelaskan tentang Bank Indonesia, seperti di gambar ada sambutan dari gubernur Bank Indonesia, lalu ada Undang-undang BI yang berisi peraturan-peraturan yang telah ditetapkan oleh Bank Indonesia. Bahkan, di situs ini terdapat perpustakaan yang berisi buku-buku berbentuk PDF yang bisa di unduh sehingga kita bisa membacanya hanya sekedar untuk referensi. kemudian ada juga fungsi Bank Indonesia yang di dalamnya terdapat visi-misi dari Bank Indonesia serta tugas utama dari Bank Indonesia. Berikut adalah Visi-Misi dan Tugas Utama Bank Indonesia :

:: Visi
Menjadi lembaga bank sentral yang kredibel dan terbaik di regional melalui penguatan nilai-nilai strategis yang dimiliki serta pencapaian inflasi yang rendah dan nilai tukar yang stabil.

:: Misi
  1. Mencapai stabilitas nilai rupiah dan menjaga efektivitas transmisi kebijakan moneter untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkualitas.
  2. Mendorong sistem keuangan nasional bekerja secara efektif  dan efisien serta mampu bertahan terhadap gejolak internal dan eksternal untuk mendukung alokasi sumber pendanaan/pembiayaan dapat berkontribusi pada pertumbuhan dan stabilitas perekonomian nasional.
  3. Mewujudkan sistem pembayaran yang aman, efisien, dan lancar yang berkontribusi terhadap perekonomian, stabilitas moneter dan stabilitas sistem keuangan dengan memperhatikan aspek perluasan akses dan kepentingan nasional.
  4. Meningkatkan dan memelihara organisasi dan SDM Bank Indonesia yang menjunjung tinggi nilai-nilai strategis dan berbasis kinerja, serta melaksanakan tata kelola (governance) yang berkualitas dalam rangka melaksanakan tugas yang diamanatkan UU. 
::Tujuan Tunggal 
Dalam kapasitasnya sebagai bank sentral, Bank Indonesia mempunyai satu tujuan tunggal, yaitu mencapai dan memelihara kestabilan nilai rupiah. Kestabilan nilai rupiah ini mengandung dua aspek, yaitu kestabilan nilai mata uang terhadap barang dan jasa, serta kestabilan terhadap mata uang negara lain.
Aspek pertama tercermin pada perkembangan laju inflasi, sementara aspek kedua tercermin pada perkembangan nilai tukar rupiah terhadap mata uang negara lain. Perumusan tujuan tunggal ini dimaksudkan untuk memperjelas sasaran yang harus dicapai Bank Indonesia serta batas-batas tanggung jawabnya. Dengan demikian, tercapai atau tidaknya tujuan Bank Indonesia ini kelak akan dapat diukur dengan mudah. 

Tab 'Moneter' >>>

Pada tab ini kita bisa melihat perkembangan dari Moneter pada negara Indonesia saat ini. lalu peringkat atau rating Bank Indonesia dengan Bank-bank lain, dan masih banyak lagi. di tab ini kita juga bisa mengetahui informasi kurs saat ini. 

Nah, itulah beberapa Tab yang ada di situs Bank Indonesia, sebenarnya masih banyak lagi jadi apabila kalian ingin mengetahui hal-hal yang berbau dengan uang, kunjungi situs resminya di www.bi.go.id.

Kelebihan dari situs Bank Indonesia :
  • Banyak informasi-informasi yang kita bisa dapatkan mengenai perkembangan ekonomi di Indonesia dengan detail.
  • Situsnya bersifat user friendly sehingga orang awam pun bisa mengakses dengan mudah situs ini.
  • Situs ini memiliki jadwal Publikasi, jadi apabila ada peristiwa penting seputar Bank Indonesia akan di publikasikan di situs ini sehingga masyarakat bisa mengetahuinya.
  • Ada referensi buku yang bisa kita unduh dengan mudah.
  • Situs ini termasuk situs yang cepat mengaksesnya, sehingga biarpun koneksi internet kita lamban situs ini bisa terbuka dengan cepat.
Kekurangan dari Situs Bank Indonesia :
  • Terdapat Banner iklan yang seharusnya tidak perlu di tampilkan pada situs resmi seperti ini.
  • Keamanan pada situs ini masih kurang terjamin karena situs ini bukan termasuk blog tetapi sebuah website yang memiliki database, sehingga hacker bisa dengan mudah membobol jika mau.
  • situs ini dalam jangka waktu tertentu akan mengalami yang namanya maintenence, sehingga pada waktu tertentu kita tidak bisa mengaksesnya.
  • Situs ini monoton atau terlalu membosankan.
  • Tidak memiliki tools rating untuk situs itu sendiri.

        Pengukuran Statistik dari situs Bank Indonesia menggunakan Alexa Tools :


Alexa Internet, Inc. adalah sebuah anak perusahaan dari Amazon.com yang berbasis di California, dan menyediakan data komersial terkait traffic web. Didirikan sebagai sebuah perusahaan independen pada tahun 1996, Alexa kemudian diakusisi oleh Amazon pada tahun 1999. Toolbar yang diciptakan oleh Alexa mengumpulkan data berupa kebiasaan berselancar penggunanya di internet dan mengirimkannya ke pusat data Alexa, dimana data-data tersebut disimpan dan di analisa, sehingga menjadi dasar dari laporan web traffic yang diberikan oleh perusahaan kepada pelanggannya. Sebagaimana tercatat pada tahun 2014, Alexa menyediakan data traffic, ranking situs web secara global maupun dalam satu negara tertentu, dan berbagai informasi lainnya pada lebih dari 30 juta situs web yang terdaftar. Situs web Alexa dikunjungi lebih dari 8,8 juta orang setiap bulannya.

Di Alexa tools, Situs Bank Indonesia termasuk situs yang mungkin terlalu membosankan karena kita bisa melihat situs ini hanya pada awalnya saja ratingnya tinggi, tapi lama kelamaan para peselancar internet bosan membuka situs ini karena monoton entah itu dari penampilannya atau dari isinya. dan kita bisa melihat bahkan di dalam Indonesia saja situs ini peringkatnya sangat jauh yaitu di angka 700, ini membuktikan bahwa situs ini tidak lebih dari situs yang hanya dibuat untuk keperluan dari Bank Indonesia itu sendiri.

 
 Kita disini bisa melihat ternyata dibandingkan perempuan, laki-laki lebih banyak mengunjungi situs ini karena mungkin ini situs yang diperuntukkan orang-orang yang senang dengan uang. kita juga bisa melihat, lebih banyak orang-orang seperti pekerja dan mahasiwa yang lebih banyak mengunjungi situs ini dan tempat yang biasa dipakai untuk melihat situs ini ternyata lebih banyak diakses di perkantoran maupun kampus dibandingkan sekolah dan di rumah.

kita bisa melihat orang-orang dari mana saja yang mengunjungi situs dari Bank Indonesia tersebut, ternyata sebagian besar situs ini hanya dilihat oleh pengunjung dari Indonesia. bisa dilihat dari negara negara lain hanya sedikit sekali yang mengaksesnya, itu membuktikan bahwa situs ini tidak se-terkenal situs situs lain seperti devianart.com yang dikunjungi dari banyak sekali negara-negara.

Kesimpulan :
Jadi pengukuran yang dilakukan oleh alexa ini untuk situs pemerintahan Bank Indonesia sangatlah akurat, sehingga kita bisa mengetahui apa-apa saja yang diperlukan untuk perbaikan pada situs tersebut.

Kelebihan dari Alexa Tools :
  • Komersial (Monetize)
Inilah tujuan utama bagi kebanyakan bloggers atau webmasters. Bila berkaitan dengan meraih "penghasilan" melalui iklan dan program marketing, memang Alexa tools ini sangat penting. Semakin bagus ranking Alexa suatu situs, maka akan semakin besar peluang untuk memperoleh penghasilan yang besar pula. Kebanyakan para pengiklan dan program afiliasi (marketing) bergengsi akan lebih tertarik pada situs yang sudah populer.  
  • Pribadi
Bila hasil karya dan hasil kerja kita di hargai dan di sukai oleh orang lain, pasti akan sangat membanggakan. Dengan peringkat Alexa yang bagus, itu artinya banyak orang yang gemar akan konten dan informasi yang kita bagikan. Sudah pasti akan menambah semangat tersendiri dalam diri kita.
  • Persaingan
Seperti yang kita baca di atas bahwa alexa tools akan menempatkan situs kita dalam jajaran peringkat dunia bersama trilyunan website besar lainnya, ini membuat situs pribadi / bisnis kita terlihat bergengsi. 

Kekurangan dari Alexa Tools :
  • Alexa hanya akan menghitung data secara akurat apabila pengunjung (visitors) telah menginstall alexa toolbar. Banyak website yang sebenarnya mempunyai jumlah pengunjung dan pembaca yang lumayan banyak tetapi Rangking alexa-nya tidak begitu bagus. Ini di karenakan banyak sekali pengguna internet yang tidak menginstall alexa toolbar di browser mereka, jadi kemungkinan terindeksnya kunjungan mereka ke web kita akan kecil / lama.
  • Apabila sebuah situs web mendapatkan satu pengunjung yang datang mengunjungi halaman (homepage) dan membaca banyak artikel (page views) dalam sehari, maka hitungan data yang disimpan tetap satu kali. 
  • Site linking / backlinks, semakin banyak situs lain yang mengarah ke website kita maka akan semakin bagus ranking alexa kita. Untuk mendapatkan hal itu memang sangat butuh kerja keras, (ya memang harus sih), tetapi yang ironi adalah apabila sebuah website mempunyai tingkat traffic tinggi namun jumlah links yang terhubung ke situs web-nya lebih sedikit dari website lain yang sejenis, maka bisa saja ranking alexa situs yang banyak backlink itu akan lebih bagus, walaupun trafficnya tidak terlalu banyak. 
Sumber :
resep donat empuk ala dunkin donut resep kue cubit coklat enak dan sederhana resep donat kentang empuk lembut dan enak resep es krim goreng coklat kriuk mudah dan sederhana resep es krim coklat lembut resep bolu karamel panggang sarang semut

1 komentar: